Peringati HUT Pramuka, SD Al Irsyad Sampaikan Semangat Nasionalisme

SITUBONDO – Pagi cerah di halaman SD Al Irsyad Al Islamiyyah, situasi sangat bersemangat saat para siswa kelas 1 hingga 6 bersiap untuk merayakan Hari Pramuka yang ke-62 gerakan Pramuka. Dalam upacara yang diikuti oleh para siswa dan dewan guru ini, semangat nasionalisme menjadi tema utama.

Upacara dimulai dengan laporan pemimpin upacara kepada pembina upacara, diikuti dengan pengibatan sang Merah Putih, lambang kebanggaan bangsa Indonesia. Kemudian, pancasila, UUD 1945, Dwi Dharma, dan Dasa Dharma Pramuka dibacakan, mengingatkan siswa-siswi tentang nilai-nilai luhur yang harus dijunjung tinggi.

Pembina upacara memberikan amanat yang menguraikan makna dan lambang dari pramuka, sambil mengajak siswa untuk memiliki sikap nasionalisme yang kuat, mencintai tanah air, serta berperan sebagai generasi penerus yang berkualitas.

Momen tersebut semakin dirasakan maknanya ketika seluruh peserta upacara menyanyikan dengan penuh semangat lagu-lagu kebangsaan, termasuk Hymne Pramuka, Padamu Negeri, dan Syukur. Kegiatan ini ditutup dengan pembacaan doa, mengharapkan keberkahan bagi bangsa dan negara.

Ustaz Sumarto, S.Pd., Kepala Sekolah SD Al Irsyad Al Islamiyyah Situbondo, menjelaskan bahwa tujuan dari peringatan HUT Pramuka ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada siswa-siswi tentang sejarah, makna, dan lambang pramuka. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi mereka untuk menjadi insan yang bermanfaat bagi semua umat, sesuai dengan ajaran agama.

“Seperti tunas kelapa yang semua bagian tumbuhannya bermanfaat, kami berharap siswa-siswi kami juga dapat tumbuh menjadi individu yang bermanfaat dan membawa manfaat bagi masyarakat dan negara,” kata Ustaz Sumarto.

Check Also

Kuatkan Iman melalui Praktik Manasik Haji

Ahad pagi (18/9), para siswa SD Al Irsyad Al Islamiyyah Situbondo diajak oleh para gurunya untuk praktik manasik haji. Para siswa yang mengenakan pakaian ihram tampak senang dan antusias mengikuti arahan dari gurunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *